Rabu, 01 Agustus 2012


IRC

Bagi yang suka duduk di depan komputer yang terkoneksi ke internet pasti semuanya pada tau irc. Tapi tidak banyak yang tau bagai mana proses yang terjadi pada irc itu. Ok sebelum kita lanjutkan ada baiknya kita tinjau pengertian IRC itu terlebih dahulu.
Mari kita mulai dari kepanjangan IRC.
IRC = Internet Relay Chat. Satu cara berkomunikasi dengan orang² yang terkoneksi ke internet di belahan bumi mana pun, dengan memanfaatkan server yang akan merelay data dari user menjadi informasi ke user yang lainnya. Jadi cara kerjanya disini, user akan menjalankan program yang disebut klient contohnya Mirc, chatzila, gaim, Xchat, dll, dan harus konek ke satu server untuk bisa berkomunikasi dengan yang lainnya. Akan tetapi hanya bisa berkomunikasi dengan user yang juga terkoneksi kedalam network yang sama.
Wah kalau di lihat dari kata² sebelumnya yang mengatakan netwok yang sama berarti irc punya network ya? jawabnya adalah iya. Irc di bagi dalam network² yang di dalam network² ini ada server² yang bisa di pakai oleh user. jadi Hirarkinya adalah user akan saling terhubung dengan user lain yang berada dalam satu network walaupun berbeda server.
Jadi kesimpulannya adalah IRC merupakan open protocol yang menggunakan protocol TCP atau juga SSL. IRC memiliki network yang di dalamnya ada beberapa server yang saling terhubung yang bisa menghubungkan user walau tidak berada dalam satu server.IRC sebenarnya menggunakan port 194/TCP yang di berikan oleh IANA walau pada keyataannya Irc menggunakan port 6667/TCP atau lebih tepat dari 6665-6669/TCP. Hal ini memungkinkan irc dijalankan via Netcat dan telnet.

0 komentar:

Posting Komentar