Rabu, 01 Agustus 2012


PENGERTIAN IP ADDRESS

Kali ini kita akan membahas singkat tentang ip address. IP adress adalah singkatan dari internet protocol address. IP address merupakan identitas berbentuk numerik yang berfungsi untuk mengenali atau mengidentifikasi sebuah alat dalam suatu jaringan, dalam hal ini yaitu komputer.

ip address


Fungsi ip address terbagi menjadi dua. Fungsi ip address yang pertama yaitu sebagai alat identifikasi host dan yang kedua yaitu sebagai alamat network. Singkatnya, ip adress adalah sebuah nama atau identitas yang berfungsi untuk mengenali sebuah pc.

Dalam pembuatannya, ip address menggunakan format bilangan 32 bit atau yang lebih dikenal dengan nama IPv4. Namun seiring dengan bertambahnya jumlah pengguna internet, maka dibuatlah sistem ip baru. Sistem baru ini menggunakan format bilangan 64 bit atau yang lebih dikenal IPv6.

Lalu apa itu kelas ip address? Kelas ip address adalah kategori dari ip address yang digunakan. Saat ini kelas ip address berjumlah 5 kelas. Yaitu A, B, C, D, dan E. Perbedaannya terletak dari jumlah komputer yang digunakan. Yang paling kecil tentu saja kelas A dan paling besar yaitu kelas E.

0 komentar:

Posting Komentar